Program Studi S3 Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menyelenggarakan Pelatihan Metodologi Penelitian bertema “Konstruksi Alat Ukur sebagai Instrumen Pengambilan Data Riset” pada hari Rabu, 22 Juni 2022. Pelatihan metodologi penelitian menghadirkan Prof. Dr. Saifuddin Azwar, M.A. Guru Besar Fakultas Psikologi, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta serta mengajar di Program Doktor Psikologi Pendidikan Islam, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Acara pelatihan metodologi penelitian diawali dengan sambutan Kaprodi S3 Pendidikan IPA, Prof. Sulistyo Saputro, M.Si., Ph.D lalu dibuka oleh Dekan FKIP UNS Dr. Mardiyana, M.Si, kemudian dilanjutkan paparan materi langsung oleh Prof. Dr. Saifuddin Azwar, M.A.

Prof. Dr. Saifuddin Azwar, M.A. menyampaikan mengenai Karakteristik Penelitian sebagai kegiatan ilmiah yang harusnya mencakup aspek bertujuan, sistematik, terkendali, objektif dan tahan uji (verifiable). Keberadaan pengukuran (measurement) melingkupi apa yang diukur (Objek), siapa yang diukur (Subjek) dan apa yang digunakan untuk mengukur (Instrumen). “Ketika atribut Psikologi sebagai Objek Ukur, maka berisikan pembandingan atribut dengan alat ukur, menghasilkan angka (kuantitatif) dan bersifat deskriptif. Ketika manusia sebagai subjek ukur, maka subjek pengukuran psikologi adalah manusia. Inferensi pengukuran psikologi didasarkan pada respon subjek terhadap stimulus yang diturunkan dari berbagai indikator keperilakuan, pada saat kondisi subjek tidak selalu stabil dan Subjek dapat menolak atau melakukan faking” terang Prof. Dr. Saifuddin Azwar, M.A.

“Bahkan, ketika Tes dan Skala sebagai alat ukur, maka harus diperhatikan beberapa Jenis Instrumen Pengambilan Data Tes dan Skala, yakni Pengukuran Kemampuan Kognitif (Maximum Performance) yang meliputi Tes Kemampuan Dasar untuk Umum Bernama Tes Inteligensi (Intelligence Tests) dan yang untuk Khusus Bernama Tes bakat (Aptitude Tests) serta pada Pengukuran Kemampuan Kognitif Bernama Tes Prestasi Belajar (Achievement Tests). Sedangkan untuk Pengukuran Bukan Kemampuan (Typical Performance) berupa Skala-skala Non Kognitif (Noncognitive Scales) dan Skala Sikap (Attitude Scales) serta Skala Minat (Interest Scales). Selain itu, ada jenis instrumen pengambilan data yang berupa Kuesioner dan Interview,” terang Prof. Dr. Saifuddin Azwar, M.A, Guru Besar Fakultas Psikologi, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Setelah acara pelatihan metodologi penelitian selesai, kemudian ditutup langsung oleh Kaprodi S3 Pendidikan IPA, Prof. Sulistyo Saputro, M.Si., Ph.D dengan penyerahan sertifikat kepada Prof. Dr. Saifuddin Azwar, M.A secara simbolis.

 

 

Comments

More Posts You May Find Interesting