FORGOT YOUR DETAILS?

Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran

Menjadi pusat pengembangan ilmu dan pembelajaran IPA yang unggul di tingkat internasional pada tahun 2024 dengan berlandaskan pada nilai-nilai pendidikan dan budaya nasional

Mengacu dari kedudukan misi sebagai mandat  atau pernyataan tentang “cara” untuk mencapai  visi, maka misi Program Studi S3 Pendidikan IPA FKIP UNS dikembangkan  dari  tiga  kata  kunci  yaitu  misi pendidikan, pengkajian (penelitian), pengabdian kepada masyarakat dan profesionalitas yaitu:

  • Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran IPA yang berorientasi pada perkembangan IPTEK dan nilai-nilai pendidikan dan budaya nasional.
  • Menyelenggarakan pengkajian pendidikan dan pembelajaran IPA melalui penelitian dosen dan mahasisw
  • Menyelenggarakan program pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pendidikan dan pembelajaran IPA yang bermanfaat bagi masyarakat.
  • Menyelenggarakan kerjasama profesional dengan berbagai pihak dalam lingkup nasional maupun internasional.

Secara umum tujuan Program Studi S3 Pendidikan IPA FKIP UNS adalah menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dalam bidang pendidikan IPA dengan kemampuan untuk menjadi pendidik, peneliti dan pengembang/tenaga ahli yang berkualifikasi doktor dalam bidang pendidikan IPA.

Secara khusus tujuan Program Studi S3 Pendidikan IPA FKIP UNS adalah:

  • Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan mengembangkan pendidikan dan pembelajaran IPA yang berorientasi pada perkembangan IPTEK dan nilai-nilai pendidikan dan budaya nasional;
  • Menghasilkan lulusan yang mampu mengelola dan mengembangkan penelitian pendidikan dan pembelajaran IPA serta mempublikasikannya pada jurnal nasional dan internasional terindeks dikti (SCOPUS dan SCIMAGO);
  • Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan mengaplikasikan keilmuannya yang bermanfaat bagi masyarakat;
  • Meningkatkan kualitas soft-skill lulusan melalui kerjasama antar lembaga.

Sasaran yang ingin dicapai Program Studi S3 Pendidikan IPA FKIP UNS adalah mengembangkan dan memutakhirkan pendidikan IPA dengan cara menguasai pendekatan, metode dan kaidah ilmiah, penelitian dan penerapannya, dan meningkatkan kinerja yang professional terutama dalam bidang pendidikan IPA sehingga terbentuk masyarakat yang menghargai, peduli, cinta dan “melek” IPA (literacy of science).

TOP