FORGOT YOUR DETAILS?

Sekapur Sirih

Program studi Doktor (S-3) Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret,  beralamat di Jalan  Ir. Sutami No. 36A Surakarta dengan Surat Keputusan Nomor 058/P/2014 tentang Penyelenggaraan Program Studi yang ditandatangani oleh Sekjen Kemdikbud pada tanggal 27 Februari 2014. Program Studi ini didirikan sebegai jenjang lanjutan dari Magister (S-2) Pendidikan Sains/IPA FKIP UNS yang telah berdiri sejak tahun 2000, dan mulai tahun ajaran 2015/2016 FKIP UNS juga telah dipercaya Kemristekdikti untuk menyelenggarakan Program Studi Sarjana (S-1) Pendidikan IPA.

Visi program studi Pendidikan IPA adalah “Menjadi Program Studi /pusat pengembangan ilmu dan pembelajaran IPA yang unggul di Tingkat Internasional pada Tahun 2024 dengan Berlandaskan pada nilai-nilai pendidikan dan budaya nasional”.

Kurikulum Program Studi S3 Pendidikan IPA disusun untuk mencapai visi yang telah ditetapkan. Berdasarkan Permenristekdikti No. 44. Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT) disebutkan bahwa Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai  capaian pembelajaran lulusan, bahan kajian, proses, dan penilaian yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan program studi. Kurikulum program studi S-3 Pendidikan IPA menjadi acuan dasar dalam pembentukan dan penjaminan tercapainya kompetensi lulusan. Kurikulum program studi S3 Pendidikan IPA telah disusun berdasarkan kajian mendalam tentang hakekat keilmuan bidang studi dan kebutuhan terhadap bidang ilmu dengan memperhatikan dan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bidang pendidikan dan pembelajaran IPA dengan berlandaskan pada nilai-nilai pendidikan dan budaya nasional.

Sesuai dengan amanat Permenristekdikti No. 44. Tahun 2015 (pasal 5 sampai dengan 25) dan UU No. 12 Tahun 2012 tentang UU PT pasal 29, kurikulum yang ada di Program Studi S3 Pendidikan IPA sudah merujuk kepada deskripsi capaian pembelajaran pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) 2012. Berdasarkan Perpres RI No. 8 Tahun 2012 tentang capaian pembelajaran berbasis KKNI, maka luaran hasil pendidikan dari program studi S-3 Pendidikan IPA yang semula berupa kemampuan minimal penguasaan pengetahuan, keterampilan, dan sikap, diganti menjadi kompetensi seseorang untuk dapat melakukan seperangkat tindakan cerdas, penuh tanggungjawab sebagai syarat untuk dianggap mampu oleh masyarakat dalam melaksanakan tugas-tugas pekerjaan tertentu. Amanat Perpres RI No. 8 Tahun 2012 bahwa kompetensi lulusan dirumuskan dalam bentuk Capaian Pembelajaran (CP) atau Learning Outcome (LO), dan CP S-3 Pendidikan IPA merupakan hasil rumusan bersama dengan CP S-1 dan S-2 Pendidikan IPA oleh organisasi Perkumpulan Pendidik IPA Indonesia (PPII).

Prodi ini diampu oleh 15 dosen tetap UNS (10 dosen dengan kualifikasi Guru Besar/Profesor, dan 5 berkualifikasi Doktor ) dan 7 Dosen UNS lain yang berkualifikasi Doktor yang juga ikut memperkuat penyelenggaraan pendidikan S-3 IPA, serta 4 Dosen (3 berkualifikasi Guru Besar/Profesor dan 1 dosen berkualifikasi Doktor berkenan menjadi dosen tidak tetap yang berasal dari UNY Yogyakarta dan UNNES Semarang.

Hingga akhir 2016 dosen-dosen tetap Program studi S-3 Pendidikan IPA (15 dosen) telah menghasilkan 120 artikel terindeks SCOPUS/ScimagoJR, dan 18 artikel mahasiswa hasil disertasinya dipublikasi pada jurnal nasional terakreditasi, jurnal internasional bereputasi terindeks Scopus/ScimagoJR, dan prosiding seminar nasional dan internasional.

Saat ini program studi S-3 Pendidikan IPA, telah memasuki tahun ke-3, dan rata-rata mahasiswa angkatan pertama sudah melampaui Ujian Komprehensif dan bahkan ada yang sudah melaksanakan seminar hasil Disertasi. Sebagai pertanggungjawaban kepada masyarakat, maka  tahun 2016 Program Studi S3 Pendidikan IPA mengajukan borang akreditasi ke BAN-PT Kemristekdikti, dan pada tanggal 28 Pebruari sampai dengan 2 Maret 2017, BAN-PT menugaskan Prof.Dr.Djukri, M.S dan Dr.Ing. Barnas Holil, DEA sebagai Asesor untuk melakukan visitasi akreditasi.

TOP